Model Pembelajaran POE (Predict-Obiserve-Explain)


White dan Gustone (1992) memperkenalkan POE (Predict-Obiserve-Explain) sebagai model pembelajaran yeng efisien untuk menimbulkan ide atau gagasan siswa dan mekakukan diskusi dari ide mereka. Prosedur  POE (Predict-Observe-Explain) adalah meliputi prediksi siswa dari hasil demonstrasi, mendiskusikan alasan dari prediksi yang mereka berikan dari hasil demonstrasi, dan terakhir menjelaskan hasil prediksi dari pengamatan mereka.
Menurut Purnomo (2010), POE adalah singkatan dari prediction, observation, dan explanation. Pembelajaran dengan model POE menggunakan 3 langkah utama, yaitu:
a.   Prediction (prediksi) adalah merupakan suatu proses membuat dugaan terhadap suatu peristiwa fisika. Dalam membuat dugaan siswa sudah memikirkan alasan mengapa ia membuat dugaan seperti itu. Dalam proses ini siswa diberi kebebasan seluas-luasanya menyusun dugaan dengan alasannya, sebaiknya guru tidak membatasi pemikiran siswa sehingga banyak gagasan dan konsep fisika muncul dari pikiran siswa. Semakin banyaknya muncul dugaan dari siswa, guru akan dapat mengerti bagaimana konsep dan pemikiran fisika siswa tentang persoalan yang diajukan. Pada proses prediksi ini guru juga dapat mengerti miskonsepsi apa yang banyak terjadi pada diri siswa. Hal ini penting bagi guru dalam membantu siswa untuk membangun konsep yang benar.
b.  Observation (observasi) yaitu melakukan penelitian, pengamatan apa yang terjadi. Dengan kata lain siswa diajak untuk melakukan percobaan, untuk menguji kebenaran prediksi yang mereka sampaikan. Pada tahap ini siswa membuat eksperimen, untuk menguji prediksi yang mereka ungkapkan. Siswa mengamati apa yang terjadi, yang terpenting dalam langkah ini adalah konfirmasi atas prediksi mereka.
c.   Explanation (eksplanasi) yaitu pemberian penjelasan terutama tentang kesesuaian antara dugaan dengan hasil eksperimen dari tahap observasi. Apabila hasil prediksi tersebut sesuai dengan hasil observasi dan setelah mereka memperoleh penjelasan tentang kebenaran prediksinya, maka siswa semakin yakin akan konsepnya. Akan tetapi, jika dugaannya tidak tepat maka siswa dapat mencari penjelasan tentang ketidaktepatan prediksinya. Siswa akan mengalami perubahan konsep dari konsep yang tidak benar menjadi benar. Disini, siswa dapat belajar dari kesalahan, dan biasanya belajar dari kesalahan tidak akan mudah dilupakan. 
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam model pembelajaran POE adalah sebagai berikut:
1)      Masalah yang diajukan sebaiknya masalah yang memungkinkan terjadi  konflik kognitif  dan memicu rasa ingin tahu.
2)      Prediksi harus disertai alasan yang rasional. Prediksi bukan sekedar menebak.
3)      Demonstrasi harus bisa diamati dengan jelas, dan dapat memberi jawaban atas masalah.
4)      Siswa dilibatkan dalam proses eksplanasi.

Komentar

  1. saya mw bertanya?
    apakah bapak mempunya buku tentang P.O.E ?
    saya ingin menanyakan pengarang dan penerbit buku tentang P.O.E..
    saya sedang bingung sekali untuk bahan skripsi saya, klo bapak punyA TOLONG KIRIM KE EMAIL SAYA.. ewajx18@gmail.com
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas u ud dikirimi...????
      lau udah q juga minta dikirim yah....
      noerkhali@gmail.com..
      mkasih

      Hapus
    2. aku juga ya.. untuk bahan skripsi saya ya....

      Hapus
  2. mas mbk udah dikirim,,tolong q juga mnta dikirimi dong tentang buku poe..ne email saya threenovhieangel@rocketmail.com, terimakasih:)

    BalasHapus
  3. sya juga ya , mas mbk kalo uda dikirimin :)
    makasih
    novaria.lj@gmail.com

    BalasHapus
  4. mas minta di kirimin filenya ya.... kuawak@gmail.com

    terima kasih om

    BalasHapus
  5. Tolong saya jga ya saya sudah nyari kmren buku tentang model poe gak ada tolong kirim ya mas mbak mohon bantuannya kikinnurfitri@gmail.com terimakasih

    BalasHapus
  6. maaf,,mau minta referensi buku tentang POE donk..mhon dkirim ke permatariska3@gmail.com makasih :)

    BalasHapus
  7. Untuk Buku tentang POE coba ke tokobukubandung.com atau fb.com/tokobukubandung

    BalasHapus
  8. tolong aq juga mnta dikirimi dong tentang buku POE..ne email saya rifaatulmahmudahfisika@yahoo.com

    BalasHapus
  9. Boleh kirim juga ga ke farhanaiqbalia.fi@gmail.com thanks yah :)

    BalasHapus
  10. kalo boleh saya dikirimi juga mas..perlu banget dan nyari dimana2 enggak ketemu
    nursuset@gmail.com
    trims

    BalasHapus
  11. tolong pada semua kalau sudah tau tentang buku POE, tolong kirim email saya ya,,
    tetehaisanti196@gmail.com

    BalasHapus
  12. saya juga tolong sekali bang.. kirim ke amtaufikamalros@gmail.com

    BalasHapus
  13. saya juga mas tlg kirimi ttg buku2 poe n filenya juga ke firmankarima@yahoo.co.id
    makasih mas sebelumnya

    BalasHapus
  14. maz saya juga tolong kirimi buku poe ny k email saya ya
    keishaalwi@gmail.com

    BalasHapus
  15. tolong saya juga minta mas mba email : prayudieek@gmail.com

    BalasHapus
  16. Mas maaf boleh saya minta buku POE nya?
    Saya butuh sekali untuk penelitian
    Kalau boleh tolong dikirim ke email saya winamarieta@gmail.com

    BalasHapus
  17. saya juga butuh bukunya untuk bahan skripsi, tolong mas atau mbak yang punya kirim ke email saya izzatinnisa971@gmail.com

    BalasHapus
  18. saya juga butuh bukunya untuk bahan skripsi, tolong kirim ke email aku ya salfina92@gmail.com

    BalasHapus
  19. saya juga mau dong,, kalo boleh tolong dikirim k Maimunahaja5@gmail.com

    BalasHapus
  20. assalamu'alaikum mbak
    ada bahan reverensi tentang POE mbak..?
    boleh tolong kirim mbak?
    terima kasih

    BalasHapus
  21. assalamu'alaikum
    boleh tolong kirim buku atau bahan referensi tentang POE ke arafatyasir505@gmail.com bagi yang punya ya mbak atau mas untuk bahan skripsi
    terimakasih

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  23. assalamu'alaikum,
    boleh kasi tau pengarang buku tentang POE ngak? buat referensi di skripsi, please kirim ke email saya megasintia15@gmail.com
    thanks.

    BalasHapus
  24. tolong kalau bisa kirim ke nurafifaharrofi@gmail.com yaa.. terimakasih

    BalasHapus
  25. maaf mau minta dikirim juga buku referensi model po ke email saya
    elis.nafisah@student.upi.edu
    termiaksih

    BalasHapus
  26. Mohon maaf tolong saya juga ingin dikirim buku mengenai POE untuk skripsi saya. email saya ulfahnufus@gmail.com, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba sdah dpt buku ttg POE?? klo sdah tolong krimkn k saya jg mba enhy03@gmail.com

      Hapus
  27. assalamualaikum. mohon maaf bisa di kirim bukuu mengenai POE sebagai bahan referensi skripsi saya. email saya halimatuzzahrok@gmail.com. terimakasih banyak sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba sdh dptbuku poe??
      tolong krmkn k sy jg mba enhy03@gmail.com

      Hapus
  28. Sy dikirimi juga dong ke enhade80@yahoo.co.id
    Lagi butuh referensi nih..

    BalasHapus
  29. admin, minta tolong aku juga ya tentang POE reverensinya arminfisika13@gmail.com

    BalasHapus
  30. Min minta tolong kasih tahu judul dan pengarang buku ttg POE untk bahan skripsi saya, kirim ke sifiilestari@gmail.com

    BalasHapus
  31. Min minta tolong kasih tahu judul dan pengarang buku ttg POE untk bahan skripsi saya, kirim ke sifiilestari@gmail.com

    BalasHapus
  32. Min minta tolong kasih tahu judul dan pengarang buku ttg POE untk bahan skripsi saya, kirim ke sifiilestari@gmail.com

    BalasHapus
  33. Saya jg dong minta tolong kasih tau judul sama nama pengarang buku POE. Email: nlelanurlaeliyah@gmail.com.

    BalasHapus
  34. Saya jg dong minta tolong kasih tau judul sama nama pengarang buku POE. Email: nlelanurlaeliyah@gmail.com.

    BalasHapus
  35. assalamualaikum...
    mas saya juga tolong d kirim kan ke enhy03@gmail.com soalnya butuh skli mas..... terimakasih :)

    BalasHapus
  36. assalamualaikum...
    mas dan mba semua yg sdh dikirikn buku ttg POE saya juga tolong d kirim kan ke enhy03@gmail.com soalnya butuh skli mas dan mba..... terimakasih :)

    BalasHapus
  37. yang mau jurnal tentang POE silahkan email ke vanautis@gmail.com semoga membantu :) mampir juga ke sigufi.blogspot.com ya :D

    BalasHapus
  38. mas dan mba semua yg sdh dikirikn buku ttg POE saya juga tolong d kirim kan ke destrimulyani.dm@gmail.com soalnya butuh skli mas dan mba untuk referensi skripsi. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  39. mas dan mbak semuanya,, saya minta tlg kirimkan juga daftar pustaka untuk buku model poe ini.. ridaroyani.rr@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  40. mas dan mbak semuanya,, saya minta tlg kirimkan juga daftar pustaka untuk buku model poe ini.. ridaroyani.rr@gmail.com
    terimakasih

    BalasHapus
  41. Assalamualaikum...bisa kirimin di saya juga pak di email saya sadrul.alim094@gmail.com, buat referensi skripsi saya pak. terima kasih

    BalasHapus
  42. Assalamualaikum bisa kirimkan saya juga pak di email saya karekandaresta@gmail.com. buat referensi penulisan skripsi saya pak. terimakasih

    BalasHapus
  43. mas dan mba semua yg sdh dikirikn buku ttg POE saya juga tolong d kirim kan ke wing.cute@ymail.com soalnya butuh skli mas dan mba untuk referensi skripsi. terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  44. Mas dan mbak yg sudah dikirimin buku ttg POE, saya juga minta tolong di kirimkan ke ayulestariresky2@gmail.com dong,soalnya lagi perlu banget, trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  45. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  46. kirim kan ke saya juga untuk skripsi
    kirim ke artamora.si@gmail.com

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Tolong mas , aku mau untuk referensi skripsi udah cari2 tapi blm ketemu ,kabari ke betyputri97@gmail.com

    BalasHapus
  49. maaf sebelumnya saya boleh minta tolong juga untuk yang sudah ada referensi buku atau jurnal tentang model pembelajaran POE tolong dikirim ke email saya windafff4@gmail.com

    BalasHapus
  50. ASSLAMUALAIKUM,
    Maaf sebelumnya saya boleh minta referensi buku tentang model pembelajaran POE tolong dikirim ke email saya Mardliyatunnasihah@gmail.com

    BalasHapus
  51. Assalamualaikum
    Mas mba minta tolong yang sudah ad referensi buku atau jurnal tentang model pembelajaran poe tolong kirim k email saya, novitasilfautami2811@gmail.com
    Terimakasih

    BalasHapus
  52. assalamualaikum
    minta tolong yang sudah ada referensi buku atau jurnal tentang model pembelajaran poe tolong kirim ke email sya nurfadillah.mungni@yahoo.com

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum..
    Izin utk memjnta referensi buku atau jurnal ttg poe kak..
    Indah.octa2410@gmail.com

    Nuhuun.

    BalasHapus
  54. Assalamu'alaikum
    Saya juga ingin meminta referensi hukum atau jurnal tentang POE. ratna permatasari.tfk08@gmail.com

    BalasHapus
  55. Assalamu'alaikum
    Kalau boleh Saya juga ingin meminta referensi buku atau jurnal tentang POE. Arisindrag04@gmail.com

    BalasHapus
  56. Assalamualaikum
    Boleh saya meminta referensi buku afau jurnal tebtang poe
    @nuuululfadhil21@gmail.com

    BalasHapus
  57. Kalau boleh minta referensi bukunya tentang poe

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum
    Boleh saya meminta referensi buku tentang POE? jikalau boleh, tolong kirim ke email saya ini Mas/Mbak @nabila.bila0209@gmail.com

    BalasHapus

Posting Komentar